Pengarang : B. R. Hergenhahn, Matthew H. Olson
BAB 11
Jean Piaget
Jean Piaget lahir pada 9 Agustus 1896 di Neuchatel, Swiss. Piaget telah memublikasikan sekitar 30 buku dan lebih dari 200 artikel dan terus melakukan riset produktif University of Geneva sampai meninggal pada 1980.
KONSEP TORITIS UTAMA
• Ineligensi
Intelegensi memungkinkan organisme untuk menangani secara efektif lingkungannya. Teori Piaget sering disebut sebagai genetis epistemologi (epistemologi genetik) karena Tori ini berusaha melacak perkembangan kemampuan intelektual. Perlu dijelaskan bahwa genetik mengacu pada pertumbuhan developmental bukan warisan biologis.
• Skematika
Skema adalah istilah yang amat penting dalam teori Piaget. Suatu skema dapat dianggap sebagai elemen dalam struktur kognitif organisme. Skemata (respons terhadap lingkungan fisik) dapat muncul dalam bentuk perilaku yang jelas, seperti dalam kasus refleks memegang, atau dapat muncul secara tersamar.
• Asimilasi dan Akomodasi
Asimilasi dan akomodasi disebut sebagai functional invariants (invarian fungsional) karena mereka terjadi di semua level perkembangan intelektual. Tetapi jelas, bahwa pengalaman sebelumnya cenderung melibatkan lebih banyak akomodasi ketimbang pengalaman yang kemudian karena semakin banyak hal-hal yang dialami akan berhubungan dengan struktur kognitif yang ada, dan membuat akomodasi substansial makin tak diperlukan saat individu bertambah dewasa.
• Ekuilibrasi
Konsep ekuilibrasi menurut Piaget sejajar dengan konsep hedonisme Freud atau konsep aktualisasi diri Maslow dan Jung. Ini adalah konsep motivasionalnya, yang bersama dengan asimilasi dan akomodasi dipakai untuk menerangkan pertumbuhan intelektual anak. Mekanisme asimilasi dan akomodasi, dan kekuatan penggerak ekuilibrasi, akan menghasilkan pertumbuhan intelektual yang pelan tetapi pasti.
Proses ini digambarkan sebagai berikut :
Lingkungan fisik
Struktur Kognitif
Persepsi
Asimilasi Akomodasi
• Interiorisasi
Interaksi awal dengan lingkungan adalah interaksi sensorimotor; yakni, mereka merespon stimuli lingkungan secara langsung dengan reaksi motor (gerak) refleks. Interiorisasi adalah proses yang dengannya tindakan adaptif makin tersamar.
TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN
1. Sensorimotor stage (dari lahir sampai dua tahun), pada akhir tahap ini anak mengembangkan konsep kepermanenan objek (object permanence).
2. Preoperational Thinking (sekitar dua sampai tujuh tahun) dibagi menjadi dua :
A.Pemikiran prakonseptual, yaitu anak mulai mengklarifikasi benda-benda dalam kelompok tertentu sesuai kemiripannya, tetapi masih ada beberapa kesalahan misalnya, semua laki-laki adalah “ayah”, semua perempuan adalah “ibu” dan semua mainan adalah “miliku”.
B.Periode pemikiran intuitif, ciri paling menonjol pada tahap ini adalah kegagalan untuk mengembangkan Conservation (konservasi). Menurut Piaget, konservasi adalah kemampuan yang muncul sebagai hasil akumulasi pengalaman anak dengan lingkungan, dan bukan kemampuan yang bisa diajarkan sampai anak memiliki kemampuan awal ini.
3.Concrete Operation, anak kini mengembangkan kemampuan untuk mempertahankan (konservasi), kemampuan mengelompokkan secara memadai, melakuan pengurutan (terkecil sampai terbesar), dan menangani konsep angka.
4.Formal Operation (11 atau 12 tahun hingga 14 atau 15 tahun), anak-anak kini bisa menangani situasi hipotesis, dan proses berfikir tak lagi tergantung hanya pada hal-hal yang langsung dan riil.
KONDISI OPTIMAL UNTUK BELAJAR
Pada tahun 1966, Piaget mengatakan, “Manusia sejak lahir sudah berada dalam lingkungan fisik dan sosial yang memengaruhinya. Masyarakat, dalam satu pengertian, lebih dari sekedar lingkungan fisik, dan lingkungan sosial bisa mengubah struktur dasar individu, sebab ia bukan hanya memaksa individu untuk mengenali fakta, tetapi juga memberinya sistem tanda yang sudah siap, yang akan memodifikasi pemikirannya.
PENDAPAT PIAGET TENTANG PENDIDIKAN
Menurut Piaget, pendidikan yang optimal membutuhkan pengalaman yang menantang bagi pembelajar sehingga proses asimilasi dan akomodasi dapat menghasilkan pertumbuhan intelektual.
0 komentar:
Posting Komentar