Senin, 17 Maret 2014

Rangkuman Buku Theories of Learning, 7th edition bab 16

Pengarang : B. R. Hergenhahn, Matthew H. Olson

BAB 16
PENUTUP


Hampir segala sesuatu yang terjadi dalam teori belajar dewasa ini, dalam beberapa hal adalah perluasan dari salah satu teori belajar utama yang disajikan.

TREN TERBARU DALAM TEORI BELAJAR

Terdapat empat tren utama dalam pendekatan studi belajar dewasa ini. Pertama, teori belajar saat ini lebih sederhana cakupannya. Kedua, ada penekanan pada neurofisiologi belajar. Ketiga proses kognitif seperti pembentukan konsep, pengambilan resiko, dan pemecahan masalah kembali menjadi topik studi yang populer. Keempat, ada peningkatan perhatian terhadap aplikasi prinsip belajar untuk solusi problem praktis.

BEBERAPA PERTANYAAN TENTANG BELAJAR YANG BELUM TERJAWAB

•Bagaimana Belajar Bervariasi sebagai Fungsi Pendewasaan?
Banyak peneliti (misalnya, Piaget dan Hebb) menemukan bahwa belajar yang terjadi pada satu tahap kedewasaan tidak sama dengan yang terjadi pada tahap pendewasaan lainnya.

•Apakah Belajar Bergantung pada Penguatan?
Banyak teoretisi belajar mengatakan bahwa belajar bergantung pada penguatan, namun mereka memiliki opini yang berbeda-beda, namun mereka semua menunjukkan bahwa beberapa dari pengalaman sehari-hari kita bersifat “tetap” dan sebagian lainnya tidak.

•Bagaimana Belajar Bervariasi sebagai Fungsi Spesies?
Bitterman (1960) mengamati bahwa beberapa spesies hewan tidak dapat dipelajari spesies lain. Problem bisa tidaknya generalisasi temuan riset ini kini sudah mendapat perhatian.

•Dapatkah Beberapa Asosiasi Dipelajari dengan Lebih Mudah Ketimbang Lainnya?
Bolles, Garcia, dan yang lainnya menemukan bahwa beberapa asosiasi bersifat “kurang natural” dan sulit dibentuk, dan ini menunjukkan bahwa asosiasi yang terkait langsung dengan kelangsungan hidup organisme adalah yang paing mudah dibentuk.

•Bagaimana Perilaku yang Dipelajari Berinteraksi dengan Perilaku Instingtif?
Banyak psikolog menyimpulkan bahwa tendensi respon bawaan organisme mungkin membatasi sejauh mana perilaku dapat dimodifikasi melalui proses belajar. Sejauh mana batas ini ada pada manusia masih merupakan pertanyaan yang belum terjawab.

•Sejauh Mana Belajar adalah Fungsi dari Lingkungan Keseluruhan?
Bagaimanapun hal-hal yang dipelajari anak berhubungan dengan apa yang mereka pelajar dari lingkungan di sekitar mereka, contohnya orangtua, televisi, buku, games, atau dari teman sebayanya.

•Bagaimana Semua Pertanyaan di Atas Berhubungan dengan Tipe Belajar?
Semakin banyak yang diketahui tentang satu area,maka semakin mudah untuk membedakannya. Semakin banyak area belajar yang diketahui, area itu semakin terdiferensasi.

BELUM ADA JAWABAN FINAL TENTANG PROSES BELAJAR
Dalam menentukan perilaku manusia, tidak ada proses yang lebih penting ketimbang belajar, dan jika begitu, maka salah satu upaya penting yang bisa dilakukan seseorang adalah membantu mengungkapkan misteri dibalik proses belajar itu.

0 komentar:

Posting Komentar